MAKALAH PENGAMBILAN KEPUTUSAN ORGANISASI.DOCX (TINGGAL CETAK)

 SELAMAT DATANG DI ndesathok.blogspot.com

pada kesempatan ini seperti biasa kita akan berbagi makalah, 

sepesifikasi documentnya sebagai berikut :

Paper size : A4
Font type : times New roman
Font Size : 12 pt
Space    : 1.5
Page : 14 With cover

Seperti sebelum sebelumnya
pada postingan kali ini hanya berisi sebagian saja untuk lengkapnya tinggal klik aja 

filenya : MAKALAH PENGAMBILAN KEPUTUSAN ORGANISASI.DOCX


PENGAMBILAN KEPUTUSAN ORGANISASI

 

A.    Pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final. Keputusan dibuat untuk mencapai tujuan melalui pelaksanaan atau tindakan.

1.      Definisi Pengambilan Keputusan Menurut Para Ahli:

Menurut George R. Terry pengambilan keputusan adalah pemilihan alternatif perilaku (kelakuan) tertentu dari dua atau lebih alternatif yang ada.

Menurut Sondang P. Siagian pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakikat alternatif yang dihadapi dan mengambil tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling cepat.

Menurut James A. F. Stoner pengambilan keputusan adalah proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pemecahan masalah.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pengambilan keputusan itu adalah  suatu cara yang digunakan untuk memberikan suatu pendapat yang dapat menyelesaikan suatu masalah dengan cara / teknik tertentu agar dapat lebih diterima oleh semua pihak.

2.      Tipe-tipe pengambilan keputusan

Tipe Pengambilan keputusan ( Decision making): adalah tindakan manajemen dalam pemilihan alternative untuk mencapai sasaran. Keputusan dibagi menjadi 3 tipe:

a.       Keputusan Terstruktur (structured decision) adalah keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat diprogram.Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manajemen tingkat bawah.

Contoh kasus: Manajer produksi dari PT. Langit selalu melakukan kegiatan rutin disetiap awal bulan,yaitu dengan melakukan pembelian bahan baku untuk persediaan.




Comments