Bismillahirrohmaanirrohim....
Assalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
pada kesempatan ini redaksi ingin berbagi
bagian uraian kegiatan dari LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN hingga daftar pustaka
semoga bermanfaat
bagi yang ingin mencetaknya atau mengeprint sudah kami sediakan link dibawah ini untuk mendownloadnya... insya Allah tinggal di cetak
jenis file ada dua yaitu 1 pdf dan satu lagi docx.
adapun sebagian isinya kurang lebih sebagai berikut:
BAB III
URAIAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
A. Sistem kopling
1. Landasan Materi
Secara umum kopling adalah alat yang di
gunakan untuk menyambungkan dua proses di dalam perangkat mobil adalah poros
penggerak dan poros pemindah daya atau putaran dari engine (mesin ke transmisi)
a. Syarat - Syarat Kopling
1) Mampu memutus dan menghubungkan putaran
mesin ke transmisi dengan lembut
2) Setelah terhubung kopling dapat memindah
aluran daya secara penuh (100%) tanpa selip
3) Waktu terputus dan terhubungnya suatu
putaran dapat berlangsung dengan relatif cepat
b. Komponen - komponen kopling
1) Tutup Kopling (Cluth Cover)
2) Plat kopling
3) Presure plat
c. Nama Komponen dan Fungsinya
1) Cluth Cover
Berfungsi sebagai tempat utama pada
sistem kopling manual yang di mana di dalamnya terdapat komponen lainnya yang
mendukung kerja kopling lebih sempurna, selain itu cluth cover menghimpit disc
cluth dengan flywheel supaya putaran disc cluth dengan flywheel berotasi sama
saat pedal kopling tidak di injak.
2) Diafragma Sprin
Berfungsi menekan dan menarik pecasure
plat pada cover, saat pedal kopling di injak gaya dari pedal sampai pada
diafragma sprin dengan serangkaian pendukung dan diafragma spring menarik
presure plat, supaya tidak menekan disc disc cluth dan getaran flywheel dengan
disc cluth bebas, begitu pula sebaliknya saat pedal koling di lepas.
3) Disch Cluth
Berfungsi sebagai penerus putaran dan
bidang gesek antara flyweel dengan presure plat dan cluth cover disc cluth dan
flyweel dengan unit clut cover untuk meneruskan putaran.
d. Cara Kerja Kopling
Cara kerja kopling
adalah apabila mesin dengn sendirinya roda gila ikut berputar, sedangkan pada
roda gaya ini di pasangkan tutup kopling tentunya juga ikut berputar dalam hal
ini poros roda gigi atau poros utama presneling belum dapat berputar, demikian
juga dengan plat kopling akan bergerak sepanjang poros presneling. Selanjutnya
apabila kita ingin menggerakan roda hal ini dapat kita lakukan dengan mengoperasi
pedal demikian pada waktu pedal di angkat pegas - pegas kopling akan menekan
plat kopling tersebut terjepit di antara roda gila dengan plat tekan. Plat ini mulanya
akan di secip dan bergesekan dengan roda gila maupun plat tekan, akan tetapi
selanjutnya secara bertahap akan ikut terbawa berputar dan selanjutnya akan memutar
poros utama presneling.
2. Jenis Kendaraan
Jenis kendaraan T 120 SS
3. Permasalahan
a. Tidak mau berpindah
b. Transmisi loncat atau kopling selip
4. Analisis Gangguan
a. Tidak mau berpindah
- Stel gerak pedal dan buang udara sistem
kopling
- Perbaiki silinder pembebas dan perbaiki
master silinder
- Ganti plat kopling
b. Transmisi loncat atau kopling selip
- Ganti bantalan plat dan stel gerak bebas
pedal
- Ganti bantalan - bantalan plat kopling
dan ganti tutup kopling
5. Pembongkaran
a. Bahan
1) Kendaraan roda empat (mobil)
b. Alat
1) Sigmat
2) Obeng (-) (+)
3) Kunci momen 1 set (kunci sock)
4) Kaus
5) Mujun
6) Gemuk
7) Dongkrak putar
8) Alat untuk penyentru kopling
6. Langkah Kerja
a. Lepas bagian yang menghalangi untuk
membongkar kopling
b. Lepas kabel yang menrmpel pada transmisi
dan lepas roda stroling lin kaye
c. Yang menepel pada roda,Stabilizerbar.
d. Apabila plat kopling didepan harus
membuka rem cakram yang seberahir
e. Buka baud yang menepel pada transmisi
f. Setelah terbuka lepas trasmisi dan
kopling
g. Periksa cluth disc dan cluth cover sudah
aus di wajibkan harus di ganti
h. Bersihkan bagian plat kopling yang kotor
dengan menggunakan kuas
i. Langkah pembongkaran kopling
7. Langkah Pembongkaran Kopling
Pada
kendaraan sebelum dapat membongkar unit kopling harus lah terlebih dahulu melepas
komponen lain yang terkait atau menghalangi.
a. Relase cylinder unit dengan pipa tetap
terpasang
b. Propelier unit kendaraan tipe RWP atau
YWB
c. Unit tranmisi dan pemindahanya
Unit
kopling segera dilepas atau di bongkar setelah unit tranmisi dilepas langkah -
langkahnya adalah
a. Buatlah tanda pada rumah kopling dan
flyweel
b. Pasang senter cluth atau alat bantu yang
lain untuk menahan plat kopling pada tempat
c. Kendorkan baud pengikat rumah kopling ke
flyweel dengan urutan mengilang secara bertahap dan merata.
d. Lepaskan baud pengikat satu persatu dan
kemudian lepaskan cluth cover dan cluth
Hal
yang di perhatikan antara lain
a. Lepaskan cluth cover dengan hati jangan
sampai cluth di sc tersentuh
b. Janganlah kebersihan permukaan cluth di
sc presure plat flywheel jangan sampai terkena minyak atau gemuk. Bersihkan
kotoran,debu dan bram yang dapat mengganggu kenerja kopling
.....................................................................................................................
Untuk lengkapnya tinggal download dibawah ini:
1. URAIAN KEGIATAN PRAKERIN TEKNIK OTOMOTIF.DOCX
2. URAIAN KEGIATAN PRAKERIN TEKNIK OTOMOTIF.PDF
terimakasih sudah berkunjung jazakumullahu khoiron katsiron...
Baca Juga : KHUTBAH JUM'AT BUKTI KEIMANAN.DOC
Baca Juga : KHUTBAH JUM'AT BUKTI KEIMANAN.DOC
Comments
Post a Comment