URAIAN KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TEKNIK OTOMOTIF.DOC TINGGAL CETAK

 Bismillahirrohmaanirrohim....

Assalamu'alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

pada kesempatan ini redaksi ingin berbagi

bagian uraian kegiatan dari LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN hingga daftar pustaka

semoga bermanfaat

bagi yang ingin mencetaknya atau mengeprint sudah kami sediakan link dibawah ini untuk mendownloadnya... insya Allah tinggal di cetak

jenis file ada dua yaitu 1 pdf dan satu lagi docx. 

adapun sebagian isinya kurang lebih sebagai berikut:

BAB III

URAIAN KEGIATAN

PRAKTEK KERJA INDUSTRI

 

A.    Sistem kopling

1.  Landasan Materi

Secara umum kopling adalah alat yang di gunakan untuk menyambungkan dua proses di dalam perangkat mobil adalah poros penggerak dan poros pemindah daya atau putaran dari engine (mesin ke transmisi)

a.    Syarat - Syarat Kopling

1)   Mampu memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi dengan lembut

2)   Setelah terhubung kopling dapat memindah aluran daya secara penuh (100%) tanpa selip

3)   Waktu terputus dan terhubungnya suatu putaran dapat berlangsung dengan relatif cepat

b.    Komponen - komponen kopling

1)   Tutup Kopling (Cluth Cover)

2)   Plat kopling

3)   Presure plat

c.    Nama Komponen dan Fungsinya

1)   Cluth Cover

Berfungsi sebagai tempat utama pada sistem kopling manual yang di mana di dalamnya terdapat komponen lainnya yang mendukung kerja kopling lebih sempurna, selain itu cluth cover menghimpit disc cluth dengan flywheel supaya putaran disc cluth dengan flywheel berotasi sama saat pedal kopling tidak di injak.

2)   Diafragma Sprin

Berfungsi menekan dan menarik pecasure plat pada cover, saat pedal kopling di injak gaya dari pedal sampai pada diafragma sprin dengan serangkaian pendukung dan diafragma spring menarik presure plat, supaya tidak menekan disc disc cluth dan getaran flywheel dengan disc cluth bebas, begitu pula sebaliknya saat pedal koling di lepas.

3)   Disch Cluth

Berfungsi sebagai penerus putaran dan bidang gesek antara flyweel dengan presure plat dan cluth cover disc cluth dan flyweel dengan unit clut cover untuk meneruskan putaran.

d.   Cara Kerja Kopling

Cara kerja kopling adalah apabila mesin dengn sendirinya roda gila ikut berputar, sedangkan pada roda gaya ini di pasangkan tutup kopling tentunya juga ikut berputar dalam hal ini poros roda gigi atau poros utama presneling belum dapat berputar, demikian juga dengan plat kopling akan bergerak sepanjang poros presneling. Selanjutnya apabila kita ingin menggerakan roda hal ini dapat kita lakukan dengan mengoperasi pedal demikian pada waktu pedal di angkat pegas - pegas kopling akan menekan plat kopling tersebut terjepit di antara roda gila dengan plat tekan. Plat ini mulanya akan di secip dan bergesekan dengan roda gila maupun plat tekan, akan tetapi selanjutnya secara bertahap akan ikut terbawa berputar dan selanjutnya akan memutar poros utama presneling.

2.  Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan T 120 SS

3.  Permasalahan

a. Tidak mau berpindah

b. Transmisi loncat atau kopling selip

4.  Analisis Gangguan

a.    Tidak mau berpindah

-       Stel gerak pedal dan buang udara sistem kopling

-       Perbaiki silinder pembebas dan perbaiki master silinder

-       Ganti plat kopling

b.    Transmisi loncat atau kopling selip

-       Ganti bantalan plat dan stel gerak bebas pedal

-       Ganti bantalan - bantalan plat kopling dan ganti tutup kopling

5.  Pembongkaran

a.    Bahan

1)   Kendaraan roda empat (mobil)

b.    Alat

1)   Sigmat

2)   Obeng (-) (+)

3)   Kunci momen 1 set (kunci sock)

4)   Kaus

5)   Mujun

6)   Gemuk

7)   Dongkrak putar

8)   Alat untuk penyentru kopling

6.  Langkah Kerja

a.    Lepas bagian yang menghalangi untuk membongkar kopling

b.    Lepas kabel yang menrmpel pada transmisi dan lepas roda stroling lin kaye

c.    Yang menepel pada roda,Stabilizerbar.

d.   Apabila plat kopling didepan harus membuka rem cakram yang seberahir

e.    Buka baud yang menepel pada transmisi

f.     Setelah terbuka lepas trasmisi dan kopling

g.    Periksa cluth disc dan cluth cover sudah aus di wajibkan harus di ganti

h.    Bersihkan bagian plat kopling yang kotor dengan menggunakan kuas

i.      Langkah pembongkaran kopling

7.  Langkah Pembongkaran Kopling

Pada kendaraan sebelum dapat membongkar unit kopling harus lah terlebih dahulu melepas komponen lain yang terkait atau menghalangi.

a.    Relase cylinder unit dengan pipa tetap terpasang

b.    Propelier unit kendaraan tipe RWP atau YWB

c.    Unit tranmisi dan pemindahanya

Unit kopling segera dilepas atau di bongkar setelah unit tranmisi dilepas langkah - langkahnya adalah

a.    Buatlah tanda pada rumah kopling dan flyweel

b.    Pasang senter cluth atau alat bantu yang lain untuk menahan plat kopling pada tempat

c.    Kendorkan baud pengikat rumah kopling ke flyweel dengan urutan mengilang secara bertahap dan merata.

d.   Lepaskan baud pengikat satu persatu dan kemudian lepaskan cluth cover dan cluth

Hal yang di perhatikan antara lain

a.    Lepaskan cluth cover dengan hati jangan sampai cluth di sc tersentuh

b.    Janganlah kebersihan permukaan cluth di sc presure plat flywheel jangan sampai terkena minyak atau gemuk. Bersihkan kotoran,debu dan bram yang dapat mengganggu kenerja kopling

.....................................................................................................................


Untuk lengkapnya tinggal download dibawah ini:

1. URAIAN KEGIATAN PRAKERIN TEKNIK OTOMOTIF.DOCX

2. URAIAN KEGIATAN PRAKERIN TEKNIK OTOMOTIF.PDF



terimakasih sudah berkunjung jazakumullahu khoiron katsiron...

Baca Juga : KHUTBAH JUM'AT BUKTI KEIMANAN.DOC

Baca Juga : KHUTBAH JUM'AT BUKTI KEIMANAN.DOC

Baca Juga : KHUTBAH JUM'AT TAUHID DAN AMAL SHALEH.DOC

Baca Juga : KHUTBAH JUM'AT ANTARA IMAN DAN AMAL SHALEH.DOC

Comments