PAPER SIZE : F4 (21.59 X 33.2
FONT : CALIBRI
PAGE : 36
EXAMPLE PAGE 1
Untuk link downloadnya ada dibawah sendiri :
semoga membantu!!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 3 SEMESTER 1 TEMA 1 S/D 4
(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
.......................................
Kelas / Semester : 3 /1
Tema : Pertumbuhan dan
Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup
(Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Mengidentifikasi bentuk pola
irama sederhana dengan benar.
2.
Memeragakan pola irama sederhana
dengan percaya diri.
3.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
4.
Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
5.
Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat
membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
1.
Melakukan
pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca Doa dipandu melalui
Group Whats Apps, (Orientasi) 2.
Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi
yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik
(Apersepsi) 3.
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
5 menit |
(Sintak Model Discovery Learning) |
||
Kegiatan Inti
|
Ø Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding. Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu. Ø Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding. Ø Siswa mengamati tanda dan yang ada pada syair lagu. Ø Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang
berbeda. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ø Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi
pendek. Ø Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama. Ø Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih
asyik tidak membosankan. Ø (Creativity and Innovation) Ø Siswa mengamati gambar. Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar. Ø Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai
ciri-ciri makhluk hidup. (Critical Thinking and Problem
Formulation) Ø Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Ø Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Ø Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang
dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Ø Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan
10.000 yang ada pada buku. Ø (Critical Thinking and Problem Formulation) |
95 menit |
Penutup |
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. |
5 menit |
Refleksi dan Konfirmasi |
||
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan
refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan
perbaikan. |
||
ASSESMENT (Penilaian) |
||
Penilaian Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan |
Mengetahui Kepala Sekolah,
....................................... NIP. |
………………….,…………………..20…. Guru Kelas 3 ,
....................................... NIP. |
Comments
Post a Comment