RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 3 SEMESTER 1 TEMA 1 S/D 4

PAPER SIZE : F4 (21.59 X 33.2

FONT : CALIBRI

PAGE : 36


EXAMPLE PAGE 1

Untuk link downloadnya ada dibawah sendiri :

semoga membantu!!


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 3 SEMESTER 1 TEMA 1 S/D 4

(Sesuai Edaran Nomor 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        :  .......................................

Kelas / Semester           :  3 /1

Tema                            :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                       :  Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke            :  1

Alokasi waktu                :  1 hari

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.

2.     Memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.

3.     Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

4.     Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

5.     Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

 

1.    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca Doa dipandu melalui Group Whats Apps,  (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

5

menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Kegiatan

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ø Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.

Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu.

Ø Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.

Ø Siswa mengamati tanda   dan   yang ada pada syair lagu.

Ø Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ø Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek.

Ø Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama.

Ø Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih asyik tidak membosankan.

Ø (Creativity and Innovation)

Ø Siswa mengamati gambar.

Ø Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.

Ø Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ø Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar.

Ø Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan.

Ø Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya.

Ø Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.

Ø (Critical Thinking and Problem Formulation)

95

menit

Penutup

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :      Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

5

menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

                                                  

 

 

                      .......................................

                      NIP.

………………….,…………………..20….

Guru Kelas 3  ,

 

 

 

                  .......................................

                  NIP.




DOWNLOAD

Comments