MAKALAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (TINGGAL PRINT/TINGGAL CETAK)

MAKALAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
seperti biasa pada post ini hanya berisi sebagian dari keseluruhan text...
untuk link downloadnya ada dibawah.


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Teknologi Pendidikan
Apabila dirumuskan dalam satu kalimat, maka teknologi pendidikan dapat didefinisikan sebagai suatu proses kompleks yang terintegrasi meliputi manusia, prosedur, ide, peralatan dan organisasi untuk menganalisa masalah yang menyangkut semua aspek belajar, serta merancang, melaksanakan, menilai dan mengelola pemecahan masalah itu.
Ada beberapa pendapat tentang apa yang dimaksud dengan teknologi pendidikan. Istilah yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah instructional technology means the media born of the communications revolution which can be used for instructional purpose alongside the theacher, the book, and the blackboard. Jadi yang diutamakan adalah media komunikasi yang berkembang secara pesat sekali yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan.
Pendapat lain mengatakan teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan, dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.
Ada pula yang berpendapat bahwa teknologi pendidikan adalah pemikiran yang sistematis tentang pendidikan, penerapan metode problem solving dalam pendidikan, yang dapat dilakukan dengan alat-alat komunikasi modern maupun tradisional.
Penafsiran tentang teknologi pendidikan sebagai suatu cara mengajar yang menggunakan alat-alat teknik modern yang sebenarnya dihasilkan bukan khusus untuk keperluan pendidikan akantetapi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan, seperti radio, TV, proyektor, dan lain-lain. Bagi teknologi pendidikan alat-alat yang dihasilkan seperti alat audio-visual bukan  esensial.
Teknologi pendidikan sering dikacaukan dengan “teknologi dalam  pendidikan”. Teknologi dalam pendidikan adalah penerapan teknologi terhadap sembarang proses yang berkenaan dengan bekerjanya lembaga yang bergerak dalam usaha pendidikan. Teknologi tersebut juga diterapkan terhadap makanan, kesehatan, keuangan, pembuatan jadwal, pelaporan nilai, dan lain-lain proses yang menunjang pendidikan dalam kerangka kelambagaan. Jadi teknologi dalam pendidikan tidak sama dengan teknologi pendidikan.
Dalam garis besarnya, langkah-langkah yang diikuti dalam metode teknologi pendidikan adalah:
1.    Merumuskan tujuan yang jelas yang harus dicapai yang dapat dipandang sebagai masalah.
2.    Menyajikan pelajaran menurut cara yang dianggap serasi yang kita pandang sebagai hipotesis yang perlu dites.
3.    Menilai hasil pelajaran untuk memulai hipotesis itu.
4.    Mencari perbaikan, andaikan hasilnya belum memenuhi syarat atau standar yang ditentukan.
Teknologi pendidikan mengharuskan guru merumuskan tujuan yang jelas, memikirkan metode yang efektif, dituntut agar diadakan penilaian yang segera tentang yang sudah dipelajari. Penilaian itu berfungsi sebagai alat pengukur keberhasilan peserta didik.
Sehingga teknologi pendidikan mengajak guru untuk bersikap problematis terhadap proses belajar mengajar dan memandang tiap metode mengajar sebagai hipotesis yang harus diuji keefektivitasnya.

Untuk linknya


Comments