klo mw lebih lengkapnya...
kagak perlu copy / paste... ndak perlu main blok... cukup Klik
skip adfly... download.... print...
simpel boss..
BAB I
PENDAHULUAN
Kejenuhan yang ditimbulkan karena selama ini
proses pembelajaran selalu di lakukan di dalam kelas, merupakan latar belakang
munculnya konsep belajar di luar kelas atau yang lebih dikenal dengan Aktivitas
Luar Kelas. Pendidikan yang selalu dilakukan di kelas selama ini sangat
berpotensi menimbulkan kebosanan bagi siswanya, sehingga pengembangan dari
aktivitas luar kelas sangatlah perlu dilakukan. Karena aktivitas luar kelas
bisa dijadikan sarana alternatif dalam peningkatan kualitas manusia yaitu
melalui alam. Konsep belajar dari alam adalah mengamati fenomena secara nyata
dari lingkungan dan memanfaatkan apa yang tersedia di alam sebagai sumber
belajar (Hari Yuliarto FIK UNY). Melalui alam, bisa meningkatkan pola fikir dan
sikap mental positif seseorang.
Dengan alam kita bisa melakukan apa saja
termasuk mengembangkan pengetahuan dan melakukan proses belajar yang tidak
kalah efektif dengan proses belajar yang dilakukan dalam kelas. Proses belajar
pada kegiatan luar kelas pada dasarnya adalah dengan memberikan kesempatan
seluas-luasnya untuk memperoleh pengalaman langsung dalam rangka penguasaan
terhadap:
1. Konsep bunyi dan pengetahuan yang
berkaitan dengan manusia dan sumber-sumber alam
2. Kecakapan hidup yang menghasilkan
kesehatan, sejahtera, kreatif dan refreshing way of living
3. Sikap positif yang merefleksikan harmoni
manusia dan alam
dengan demikian kegiatan luar kelas
memberikan elemen-elemen yang penting bagi masyarakat yang sehat, produktif dan
abadi (Tandiyo Rahayu FIK UNNES 2009).
Comments
Post a Comment