I.Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf
a,b,c dan d di lembar jawab yang tersedia!
1. Seperangkat kaidah yang menjadi pedoman bagi manusia dalam bertingkah
laku dan sebagai pengendali tingkah laku manusia merupakan pengertian dari…..
A. Aturan C.
Norma
B. Peraturan D.
Undang-undang
2. Berdasarkan kekuatan mengikat norma dibedakan menjadi empat, satu
diantaranya adalah…
A. Tata kelakuan C.
Budaya
B. Hidayah D.
Hukum
3. Tata kelakuan yang bersifat kekal dan turun temurun disebut…
A. Hukum C.
Kebiasaan
B. Adat istiadat D.
Budaya
4. Suatu perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dan dianggap baik
dinamakan…..
A. Kebiasaan C.
Budaya
B. Adat istiadat D.
Hukum
5. Dibawah ini adalah merupakan macam-macam norma dalam masyarakat antara
lain…
A. Norma adat, kebiasaan, hukum, agama
B. Norma agama, kesusilaan, kesopanan, adat
C. Norma hukum, agama, kesopanan, kebiasaan
D. Norma agama, kesusilaan, kesopanan, hukum
6. Pentingnya norma dalam masyarakat tercantum dibawah ini kecuali….
A. Mewujudkan masyarakat yang masa bodoh
B. Menjadi pedoman tingkah laku manusia
C. Mewujudkan kehidupan yang aman
D. Mengatur tingkah laku manusia
7. Tidak berkata kotor, kasar dan tidak sombong merupakan contoh dari
norma….
A. Agama C.
Kesopanan
B. Kesusilaan D.
Hukum
8. Dibawah ini adalah salah satu contoh dari pelaksanaan norma agama
dimadrasah adalah…..
A. Melaksanakan tugas piket C.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
B. Selalu sopan terhadap guru D.
Mengikuti upacara bendera dengan khidmat
9. Sikap berikut yang merupakan pelanggaran norma agama dan norma kesopanan
adalah…
A. Berbohong demi kebaikan C.
Melakukan pemerasan terhadap teman
B. Tidak mentaati nasehat orang tua D.
Tidak menyapa tetangga
10. Peraturan tingkah laku yang menjamin rasa keadilan dan keamanan dalam
pergaulan hidup masyarakat, bangsa dan Negara adalah pengertian dari …..
A. Peraturan C.
Adat istiadat
B. Hukum D.
Kebiasaan
11. Ubi societas ibi ius pendapat dari Marcus Tullius Cicereo yang berarti….
A. Disitu ada hukum, disini hukum C.
Disini ada hukum disana ada hukum
B. Dimana-mana ada hukum D.
Disini ada hukum disana ada hukum
12. Dibawah ini yang bukan
merupakan arti penting hukum bagi warga
Negara adalah….
A. Menciptakan keresahan dan kekacauan
B. Memberikan rasa keadilan bagi warga Negara
C. Menciptakan ketertiban dan keamanan
D. Melindungi hak-hak warga Negara
13. Salah satu prinsip hukum adalah supremasi hukum artinya….
A. Warga masyarakat harus tahu hukum C.
Hukum menjadi kaidah tertinggi
B. Warga masyarakat taat hukum D.
Hukum memiliki kedudukan yang istimewa
14. Hukum yang mengatur hubungan antara Negara dan alat-alat perlengkepan
Negara disebut ….
A. Hukum privat C.
Hukum publik
B.
Hukum adat D. Hukum
administrasi Negara
15. Indonesia adalah Negara hukum dalam UUD1945 terdapat dalam pasal…
A. Pasal 1 ayat 1 C. Pasal 1 ayat 2
B. Pasal 1 ayat 3 D. Pasal 3 ayat 1
16. Pembagian hukum berdasarkan bentuknya yaitu ….
A. Hukum tertulis dan tidak tertulis C. Hukum privat dan public
B. Hukum pidana D. Hukum materiil dan formil
17. Dibawah ini yang bukan
merupakan unsur hukum adalah….
A. Mengatur tingkah laku manusia C. Adanya sanksi
B. Bersifat memaksa D. Bersifat suka rela
18. Hak untuk memiliki suatu benda misalnya jam tangan termasuk hak….
A. Hak kebendaan C. Hak kebebasan
B. Hak asasi manusia D.
Hak perorangan
19. Setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan
yang bermutu sesuai dengan bunyi pasal…..
A. Pasal 5 ayat 1 UU No 20 Tahun 2003 C.
Pasal 5 ayat 3 UU No 20 Tahun 2003
B. Pasal 5 ayat 2 UU No 20 Tahun 2003 D. Pasal 5 ayat 5 UU No 20 Tahun 2003
20. Hak dan kewajiban warga Negara dalam sebuah pendidikan tercantum
dalam…..
A. UU No 10 tahun 2003 C. UU No 20 tahun 2003
B. UU No 12 tahun 2004 D. UU No 10 tahun 2004
21. Sejarah
perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dilalui melalui beberapa
tahapan. Tahapan pertama yaitu masa kebangkitan bangsa yang ditandai dengan
lahirnya......
A.
Budi Utomo tahun 1908 C. Sumpah Pemuda tahu 1928
B.
Orde Baru tahun 1966 D. Orde (masa) Reformasi tahun 1998
22. Hari
Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal.....
A.
2 Mei C.
20 Mei
B.
28 Oktober D. 10
November
23. Dibawah
ini adalah gambaran penderitaan rakyat pada masa penjajahan yaitu........
A.
Kesempatan menikmati pendidikan
setinggi – tingginya
B.
Rakyat dapat menentukan masa depannya
C.
Terjaminnya kemakmuran dan
kesejahteraan
D.
Rakyat disuruh kerja paksa
24. Berikut
ini merupakan faktor pendorong rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan
adalah.....
A.
Kekecewaan terhadap pemerintah
B.
Pengaruh nilai – nilai luhur agama
C.
Perasaan senasib sepenanggungan akibat
belenggu penjajah
D.
Adanya banntuan dan motivasi dari
negara lain yang sudah merdeka
25. Arti
penting kemerdekaan suatu bangsa adalah.....
A.
Bangsa itu bebas
menentukan masa depannya tanpa
dipengaruhi bangsa lain
B.
Bebas menentukan
negaranya sesuai keinginan pimpinan negaranya
C.
Berhak mengatur
pemerintahannya atas bantuan Negara
lain
D.
Bebas bekerjasama dengan Negara lain
asalkan menguntungkan
26. Nilai –
nilai semangat proklamasi kemerdekaan 1945 yang perlu diwariskan kepada
generasi muda, antara lain...
A.
Sikap menentang segala bentuk kerja
sama dengan bangsa lain
B.
Pantang menyerah mempertahankan
nilai-nilai yang sudah ada tanpa mau menerima perubahan sedikitpun
C.
Semangat kerjasama dengan bangsa lain
demi kepentingan pribadi untuk memperoleh keuntungan yang sebesar – besarnya
D.
Rela mengorbankan sebagian harta,
bahkan jiwa dan raga untuk kepentingan bangsa dan negara
27. Peri
kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan peri
kesejahteraan rakyat. Konsep dasar negara tersebut disampaikan pada saat sidang
BPUPKI, oleh....
A.
Mr. Supomo C. Mr.
Muhammad Yamin
B.
Ir. Soekarno D. Drs.
Muhammad Hatta
28. Tokoh
yang bukan termasuk anggota Panitia Sembilan yaitu.......
A.
Drs. Muh.Hatta C. Abikusno
Cokrosuyoso
B.
Dr. Radjiman Wedyodiningrat D. K.H. Ahmad
Dahlan
29. Sidang
BPUPKI yang ke II membahas tentang rancangan....
a.
Dasar negara C. Indonesia
merdeka
b.
Batang tubuh UUD 1945 D.
Pancasila
30. Sejumlah
aturan dasar dan ketentuan hukum yang dibentuk untuk mengatur fungsi dan
struktur lembaga pemerintahan termasuk dasar hubungan kerjasama antar negara
dan rakyat disebut......
A.
UU C. Konstitusi
B.
Peraturan D. Norma
31. Bentuk
pengorbanan umat Islam demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa adalah
dihilangkanya kalimat “dengan kewajiban
menjalankan syariat Islam bagi pemeluk – pemeluknya” menjadi.....
A.
Ketuhanan Yang Maha Esa
B.
Kemanusiaan yang adil dan beradap
C.
Persatuan Indonesia
D.
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanan dalam permusyaratan perwakilan
32. Pernyataan
kemerdekaan Indonesia tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alinea.....
A.
1 C. 3
B.
2 D. 4
33. Di bawah
ini yang bukan merupakan makna proklamasi kemerdekaan adalah......
A.
Titik kulmilasi/ puncak bangsa
Indonesia untuk mencapai kemerdekaan
B.
Jembatan emas untuk mewujudkan
cita-cita bangsa Indonesia
C.
Akhir dari perjuangan bangsa Indonesia
D.
Awal berdirinya negara Indonesia
34. Ketua
PPKI adalah.......
A.
Dr. Radjiman Wedyodiningrat C. Mr. Muh. Yamin
B.
Drs. Muh. Hatta D. Ir. Soekarno
35. Hubungan
proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945 yaitu.....
A.
Pembukaan UUD 1945 dan UUD 1945 saling
menjelaskan
B.
Pembukaan UUD 1945 merupakan
perwujudan kristalisasi cita - cita proklamasi kemerdekaan
C.
Proklamasi kemerdekaan merupakan
sumber penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
D.
Pembukaan UUD 1945 merupakan kaidah
negara yang fundamental bagi Negara Kesatuan Republik Indoonesia
36. Tujuan
negara Republik Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea,,,,,,
A.
1 C. 3
B.
2 D. 4
37. Sebagai
warganegara yang baik kita harus menunjukkan sikap setia terhadap proklamasi 17
Agustus dengan cara.....
A.
Menjalin hubungan kerjasama dengan
negara-negara tetangga
B.
Menumpas habis tentara-tentara musuh
yang masih di Indonesia
C.
Mendiskusikan penerapan makna kebenaran
dan keadilan
D.
Mengisi kemerdekaan dengan
melaksanakan pembangunan
38. Berikut
ini nilai luhur pahlawan yang dapat kamu teladani sebagai seorang pelajar...
A.
Semangat menyerah C. Rela berkorban jika dibayar
B.
Tahan uji dan penderitaan D. Sikap pamrih
39. Berikut
ini merupakan contoh sikap positif sebagai seorang pelajar terhadap makna
Proklamasi Kemerdekaan yaitu...
A.
Menunggu perintah dari negara untuk
menyerang negara musuh
B.
Belajar giat guna memajukan pendidikan
bangsa
C.
Menjadi pengemis untuk menyambung
hidup
D.
Berani menentang kebijakan pemerintah
40. Di bawah
Sikap positif terhadap konstitusi
pertama yaitu.....
A.
Mengganti bentuk Negara Kesatuan
Republik Indonesia
B.
Menjelekkan budaya demokrasi yang di
anut di Indonesia ketika pergi ke negara lain
C.
Selalu mencintai tanah air, bangsa dan
negara Indonesia dimanapun berada
D.
Menolak hasil Pemilihan Umum
ESSAY
1. Sebutkan macam-macam norma yang berlaku dimasyarakat!
2.
Sebutkan sanksi –sanksi bagi
pelanggaran norma-norma yang berlaku dimasyrakat!
3.
Sebutkan 2 tujuan adanya konstitusi
bagi negara!
4.
Sebutkan 3 hasil Sidang PPKI tanggal
18 Agustus 1945!
5. Sebutkan
lembaga-lembaga tinggi negara yang
tercantum dalam UUD 1945
Comments
Post a Comment