MAKALAH ISLAM DI AMERIKA (DOWNLOAD TINGGAL CETAK)

PAPER SIZE : F4 (21.59 X 330)

FONTS : Times New Roman

PAGE    : 9 pgs


BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.Latar Belakang Masalah

Agama islam adalah salah satu agama yang memiliki pengaruh sangat kuat. Dalam perkembangannya islam selalu mengalami kemajuan sangat pesat diseluruh dunia, baik itu dibidang ilmu pengetahuan, budaya, sosial, politik dan lain-lain. Kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa-bangsa Barat pada priode ini sebenarnya memiliki kolerasi yang erat dengan perkembangan peradaban  dunia Islam. Kelemahan dan kemunduran dunia Islam dimanfaatkan oleh bangsa-bangsa Barat untuk bergerak menuju kearah negara-negara Islam serta menguasai dan menjajahnya. Menyadari kekalahan dan kelemahan dalam berbagai aspek kehidupan dari bangsa-bangsa Barat, umat Islam mulai bangkit kembali untuk mengejar ketertinggalan dan keterbelakangan, untuk mengejarketertinggalan tersebut memaksa para penguasa Islam untuk banyak belajar dari Eropa, kemudian Islam bangkit kembali yang disebut dengan masa pembaharuan, dimana pembaharuan ini ditandai dengan kesadaran dirinya terhadap kelemahan dirinya dan adanya dorongan untuk memperoleh kemajuan dalam berbagai bidang. Khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Negara adidaya Amerika serikat adalah salah satu Negara yang juga memiliki penganut Islam yang cukup banyak. Namun tidak diketahui secara pasti kapan agama Islam masuk ke Amerika, dan siapa yang membawa agama Islam masuk ke Amerika. Sebagian ahli sejarah kontemporer telah berspekulasi  bahwa para pelaut muslim adalah orang-orang pertama yang menyeberangi samudra Atlantik dan tiba di pantai-pantai Amerika. Ahli-ahli sejarah lainnya telah berspekulasi bahwa Christopher Columbus telah di bimbing, untuk mendarat di benua tersebut oleh navigator-navigator dan pembantu-pembantu Muslim Andalusia atau Maroko yang jasa-jasanya telah Colombus beli, namun ada juga yang mengatakan bahwa Islam masuk ke Amerika sebelum Colombus menemukan benua Amerika.

Pada dasarnya masyarakat Amerika adalah masyarakat yang menganut agama, dan Islam menjadi salah satu agama yang paling berdampingan dengan Kristen dan Yahudi. Dalam beberapa tahun terakhir agama yang satu ini melaju ke permukaan dengan pesat dan menjadi fenomena paling menarik untuk dicermati, terutama banyak masyarakat yang terkejut dengan fakta-fakta yang menunjukkan bahwa Islam dapat berkembang dengan baik di Amerika.  Dengan berkembangnya Islam di Amerika banyak berpengaruh juga terhadap dunia pendidikan, dengan masuknya Islam banyak organisasi-organisasi keislaman yang muncul dan kelompok-kelompok keagamaan, selain itu tak sedikit banyak para tokoh yang ikut memajukan Islam di Amerika.

 

1.2. Rumusan Masalah

       1.      Sejarah Islam di Amerika.

       2.      Kapan islam masuk ke Amerika?

       3 .       Bagaimana pengaruh Islam di Amerika?

       4.      Bagaimana perkembangan Islam di Amerika?

       5.      Kelompok-kelompok Islam apa saja yang ada di Amerika?

       6.      Siapa saja tokoh-tokoh Islam Amerika Serikat?

 

 LINK DOWNLOAD :

DOWNLOAD


Comments