MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN (TINGGAL CETAK/PRINT)

MAKALAH MANAJEMEN KEUANGAN
(TINGGAL CETAK)

paper size = A4
Space = 1,5 pt
Font : Times New Roman


Manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksaan suatu tujuan tertentu di selenggarakan dan diawasi oleh perusahaan.  Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang laindan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.
Manajemen keuangan yaitu pengelolaan semua bentuk keuangan baik usaha memperoleh atau mengumpulkan modal untuk membiyai aktifitas atau kegiatan yang secara langsung maupun tidak langsung untuk menunjang penyelenggaraan seecara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan yang telah di tentukkan.
Manajemen keuangan dapat di simpulkan bahwa manajemen keuangan merupakan aplikasi konsep dan unsur-unsur manajemen dalam mengatur, memanfaatkan, dan mendayagunakan keuangan organisasi atau satuan untuk menfasilitasi pelaksanaan kegiatan secara efektif dan efisien melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban  dan pengawasan secara sistematis dan sinergis.
Manajemen keuangan meliputi kegiatan perencanaan, penggunaan, pencataan data, laporan keuangan dan pertanggang jawaban penggunaan data sesuai dengan yang di rencanakan. Adapun unsur-unsur manajemen keuangan meliputi perencanan, pencataan data, laporan keuangan, dan pertanggung jawaban.
Beberapa definisi manajemen keuangan di berikan sebagai berikut :
a.    Liefmsn mengatakan, manajemen keuangan adalah usaha untuk menyediakan uang dan menggunakan uang untuk  mendapatkan atau memperoleh aktiva.
b.    Saud Husnan mengatakan, manajemen keuangan adalah manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.
c.    Grestenberg mengatakan, manajemen keuangan adalah How business are organized to acquire funds, how they acquire funds, how the use them and how the prof as business are distributed.
d.   James Van Horne mengatakan, bahwa manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

1.    Ragam Mencari Uang.
Jika dikotakkan melalui dasar profesi atau pekerjaan, cara untuk mendapatkan uang akan sangat beragam. Untuk mendaptkan uang dikelompokkan dalam dua cara, yaitu dengan otot dan otak. Cara inilah sebagai pilihan mengenai kemampuan untuk mendapatkan uang.
Abad ini telah membantu manusia untuk mencari uang dengan beragam aturannya. Saat ini aturan mainnya telah ada di dalam lingkaran peadaban. Era industri juga telah berubah menjadi era informasi. Dalam pengertian lain, segala bentuk cara mencari uang pada era informasi sudah sangat mudah dan praktis.
Pekerjaan yang dapat menjamin kehidupan melalui asuransi dari tempat bekerja. Pekerjaan yang membayar hasil kerjanya dengan harga rendah, terjadinya proses pendangkalan skill dan keahlian diri harus menyesuaikan dengan sistem kerja dan fungsi porsi kerja yang telah ditentukkan oleh sistem kantor. Akhirnya, mau tidak mau, senang tidak senang, kita harus ikut dengan “ budaya kantor, dan banyak kondisi yang menciptakan situasi seakan sedang bermalam di sebuah hotel bintang lima, yang gelap gulita, tidak ada celah cahaya yang singgah kedalam hotel itu (kebahagian yang mengancam).
a.    Memfungsikan akal untuk mencari uang.
b.    Uang sebagai lambang kemajuan peradaban manusia.
c.    Fenomena manusia dengan uang.
d.   Uang sebagai pengukur kehidupan manusia.
e.    Uang menjadi sumber masalah.
Ada beberapa pola yang perlu  kita pahami mengenai pola pikir kita terhadap uang :
a.    Carilah ke dalam.
b.    Program ulang pola pikir.
c.    Untuk mendapatkan lebih, kita perlu berbuat lebih banyak.
d.   Membuat uang mengalir kepada kita.
e.    Investasi apakah yang menguntungkan.
f.     Mendapatkan keuntungan uang.
g.    Memaksimalkan kekayaan pemegang saham.
f.     Uang di Tinjau dari Sudut Pandang Ekonomi.
Sebagaai sudut ekonomi, uang adalah hasil perkembangan peradaban manusia yang menciptakan sebagai alat tukar dan standar penilaian yang efektif dan efisien. Sebelum menemukan uang, manusia menggunakan sistem barter atau tukar menukar langsung yang melibatkan barang.
Dunia pun akhirnya berputar, karena uang. Dengan uang, manusia membeli kebutuhan dasar hidupnya, dan barang-barang dasar bisa diadakan:
a.    Ekonomi moneter.

b.    Ekonomi keuangan.
LINK :
DOWNLOAD

Comments