MAKALAH TRILOGI ISLAM

MAKALAH TRILOGI ISLAM
SEPERTI BIASA PADA BLOG INI CMAN BERISI SEBAGIAN... UNTUK SELENGKAPNYA BSA KALIAN DOWNLOAD LINK DIPALING BAWAH SENDIRI...
TERIMAKASIH SUDAH MAMPIR....
BAB I
PENDAHULUAN

Sebagai seorang manusia kita pasti menginginkan kehidupan yang tenang dan bahagia. Untuk mencapai keinginan itu kita pasti membutuhkan tuntunan dalam manjalankan hidup, yaitu agama. Dengan agama hidup kita akan lebih terarah karena kita senantiasa dituntut untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dalam mendalami agama kita juga membutuhkan sebuah keyakinan karena kita mempelajari hal yang ghaib. Dengan hal tersebut mendorong kita untuk selalu berbuat baik.
Dalam agama Islam kita mengenal konsep Iman dan Ihsan. Kedudukan  Ihsan dalam kehidupan merupakan hal yang penting. Kadang kala kita sebagai seorang muslim yang sudah diberikan tuntunan masih saja melakukan hal-hal yang tidak baik. Ini diakibatkan karena tingkat keimanan yang tidak stabil. Kita tahu bahwa Ihsan merupakan realisasi dari Iman.
Oleh karena itu, kita harus mengetahui bagaimana kaitan antara Islam, Iman, dan Ihsan. Karena dari ketiga konsep di atas merupakan kunci untuk mencapai suatu kehidupan yang bahagia.
A.      Rumusan Masalah
1.    Apakah pengertian dari Islam, Iman, dan Ihsan?
2.    Bagaimana posisi Islam, Iman, dan Ihsan dalam kehidupan sehari-hari ?
3.    Bagaimanakah hubungan antara Islam, Iman, dan Ihsan?
B.       Tujuan
1.      Untuk menjelaskan pengertian Islam, Iman, dan Ihsan.
2.      Untuk menjelaskan posisi Islam, Iman, dan Ihsan dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Untuk menjelaskan hubungan antara Islam, Iman, dan Ihsan.




BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian
1.    Islam
Pengertian Islam secara etimologis berasal dari bahasa Arab yang mempunyai bermacam-macam arti diantaranya:
a.    Salam artinya Selamat, aman, sejahtera. Yaitu aturan hidup yang dapat menyelamatkan manusia didunia dan akhirat.
b.    Aslama artinya menyerah atau masuk Islam. Yakni mengajarkan penyerahan diri,tunduk dan patuh kepada Alloh.
c.    Silmun artinya keselamatan atau perdamaian.
d.   Salamun artinya tangga atau kendaraan.
Sedangkan menurut terminologis, Islam adalah tunduk dan patuh lahir dan batin, kepada ajaran yang telah dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Ada juga yang mengatakan bahwa Islam adalah agama Alloh yang diwahyukan kepada rasul-rasul-Nya sejak nabipertama yaitu Adam AS hingga nabi terakhir Muhammad SAW.
Pengertian islam secara etimologis berasal dari bahasa Arab yaitu salima artinya selamat. Dari kata itu terbentuk aslama yang artinya menyerahkan diri atau tunduk dan patuh. Secara terminologis, islam adalah tunduk dan patuh lahir batin, kepada apa yang telah dibawa oleh Nabi Muhammad SAW (Jamaludin Kafie, 1981:15). Seperti yang terdapat dalam HR.Muslim, islam adalah bersaksi bahwasannya tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan sesungguhnya Nabi Muhammad itu utusan Allah.

Baca Juga MAKALAH BOLA BASKET

Agama islam adalah agama yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW dan dipelihara serta dipahamkan dengan rapi dan teliti oleh para sahabat beliau dan orang-orang yang hidup pada zaman itu, yang mengajarkan manusia berserah diri dan tunduk sepenuhnya kepada Allah untuk menuju keselamatan di dunia dan di akhirat.

Link dibawah ini:
DOWNLOAD

Comments