makalah keselamatan kerja

assalamu'alaikum guys...
kali ini ane mau berbagi tentang makalah keselamatan kerja...
langsung saja guys...
seperti biasa...
ane akan bagi hanya sebagian dimari... kalau yang lengkapnya tinggal download....
terus buka dengan ms office word....
print... beres dah dari bab I sampai Daftar pustaka
sebagian isinya seperti dibawah ini...



BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani. Dengan keselamatan dan kesehatan kerja maka para pihak diharapkan dapat melakukan pekerjaan dengan aman dan nyaman. Pekerjaan dikatakan aman jika apapun yang dilakukan oleh pekerja tersebut, resiko yang mungkin muncul dapat dihindari. Pekerjaan dikatakan nyaman jika para pekerja yang bersangkutan dapat melakukan pekerjaan dengan merasa nyaman dan betah, sehingga tidak mudah capek. 
Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu aspek perlindungan tenaga kerja yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Dengan menerapkan teknologi pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja, diharapkan tenaga kerja akan mencapai ketahanan fisik, daya kerja, dan tingkat kesehatan yang tinggi. Disamping itu keselamatan dan kesehatan kerja dapat diharapkan untuk menciptakan kenyamanan kerja dan keselamatan kerja yang tinggi. Jadi, unsur yang ada dalam kesehatan dan keselamatan kerja tidak terpaku pada faktor fisik, tetapi juga mental, emosional dan psikologi. 
Meskipun ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja telah diatur sedemikian rupa, tetapi dalam praktiknya tidak seperti yang diharapkan. Begitu banyak faktor di lapangan yang mempengaruhi kesehatan dan keselamatan kerja seperti faktor manusia, lingkungan dan psikologis. Masih banyak perusahaan yang tidak memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja. Begitu banyak berita kecelakaan kerja yang dapat kita saksikan. Dalam makalah ini kemudian akan dibahas mengenai permasalahan kesehatan dan keselamatan kerja serta bagaimana mewujudkannya dalam keadaan yang nyata.
B.  Rumusan Masalah
Adapun permasalahan yang harus dipahami dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja yaitu apa saja tujuan dan pentingnya keselamatan kerja,gangguan apa yang bisa terjadi dalam keselamatan dan kesehatan kerja,serta mengetahui strategi apa saja yang digunakan untuk meningkatkan kualitas kerja para karyawan dan pertimbangan hukum apa yang menaungi keselamatan dan kesehatan kerja. 
C.  Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas dari mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia 2 serta untuk mengetahui lebih lanjut tentang keselamatan dan kesehatan kerja. 
Diharapkan manfaat dari pembahasan ini adalah dapat menambah pengetahuan kita tentang syarat dan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja, sehingga kita mengerjakan suatu pekerjaan di bengkel atau industri sudah tahu keselamatan dan kesehatan kerja.


DOWNLOAD

Comments