CARA MENGETIK BAHASA ARAB/MENULIS ARAB DARI KOMPUTER



CARA MENGETIK BAHASA ARAB/MENULIS ARAB DARI KOMPUTER


Bismillaahirrohmaanirrohiim...
Selamat datang di blog kami guys…
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mengetik arab dengan mudah…
Karena dari pengalaman saya, masih sangat banyak yang bingung dalam pengetikan / penulisan arab dengan computer…. Kebanyakan saya temukan ketika mengetik soal, makalah, ataupun tugas sekolah kebingungan ketika memasukan kata-kata yang menggunakan huruf  arab (bahasa arab)
Okay langsung saja guys…
Pertama yang harus dilakukan adalah kita menginstall atau memasang font untuk bahasa arab, pada kesempatan ini font sudah saya sediakan di file .rar dibawah ini.. Cara Menginstallnya Adalah Sebagai Berikut :

Ekstrak dulu file yang sudah di download tadi…
Kemudian kita buka dan blok file seperti pada gambar dibawah ini

Setelah itu klik kanan kemudian pilih opt “copy”
Setelah kita copy, cari folder “Font” biasanya pada Directory C:/Windows/Font
Kemudian kita klik kanan pada folder “Font” atau di dalam folder “Font” itu sembarang aja jangan kepilih salah satu Font tapi karena akan berbeda keluar opt nya….  Kemudian pilih “Paste” Seperti pada gambar dibawah ini dan kmudian tunggu proses instalasinya.

Setelah tahap penginstalan font, selanjutnya cara menggunakan software untuk mengetik arabnya… caranya sangat mudah kok… setelah di ekstrak tadi kita tinggal buka aja file “ArabicPad.exe” nya
Nanti akan keluar seperti ketika kita membuka aplikasi notepad seperti pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya kita tinggal mengetik hurufnya, dan huruf arab hampir sama dengan kita mengetik huruf alphabet, seperti misalnya kita mengetik hurub a, b, c, = a, be, tsa, 

Setelah kita mengetik kalimat arab di dalam aplikasi tersebut kita klik block semua tulisan arab dari aplikasi tersebut, kemudian kita copas…

Atau copy paste.  Copy dari aplikasi Arabic pad dan kita pastekan di aplikasi yang lain seperti ms.word/ms.excel atau yang lain. 

Dan ketika sudah di aplikasi tersebut kita tinggal block font’nya kemudian kita ganti menggunakan font Traditional Arabic.

Kira kira seperti itu tutorial dari saya..
Apabila ada kebaikan maka itu datangnya dari Allah SWT
Dan apabila ada kesalahan dalam penyampaiannya itu adalah semata-mata karena kekurangan dari saya selaku manusia…
Terimakasih…

ADAPUN APLIKASINYA DIBAWAH INI
 

Comments